Selamat datang di Website Kami. Mendidik siswa yang berilmu, berwawasan luas, dan berakhlak mulia. Bersama Membangun Masa Depan. ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI LAWAN SASTRA NGESTHI MULYA ( Dengan Ilmu Menuju Kemuliaan Hidup)
Galeri Aktivitas

SMP TAMANSISWA MALANG
Jl. Raden Tumenggung Suryo No. 17 Malang
Jawa Timur - Indonesia
Telp. 0341-493635
Web: http://www.smptamansiswamalang.sch.id
Email: admin@smptamansiswamalang.sch.id
kontak kami




 Master of Ceremony (MC)


 

Hari Latihan : Sabtu
Waktu Latihan : 10:30 - 11;30
Tempat Latihan : Ruang Radio Sekolah
Instruktur : Ni Nurul, S.Pd

 

MASTER OF CEREMONY (MC)

Pembawa acara atau pranatacara adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.

MC biasanya memperkenalkan peserta atau artis yang segera akan tampil di atas panggung, berdialog dengan penonton, dan secara garis besar berusaha menjaga tempo acara. Bergantung kepada acara yang dibawakan, seorang MC kadang-kadang dituntut untuk dapat membawakan lelucon atau anekdot. Pembawa acara televisi juga dilibatkan dalam penulisan naskah jika diperlukan. Tugas lain yang sering dilakukan oleh pembawa acara antara lain adalah mewawancarai tokoh, menjadi moderator diskusi, dan memberikan komentar pada suatu acara olahraga, parade, dan acara-acara lainnya.

Berikut ini 9 tugas pokok MC yang disadur dari laman Public Speaking Solutions:

1. Sambut Hadirin.
Mulailah dengan menyambut audiens. Ucapkan terima kasih atas kehadiran mereka. Jangan lupa, kenalkan diri Anda sebagai MC.

2. Sapa Pembicara. 
Ucapkan terima kasih kepada para pembicara atau pengisi acara. Pimpin aplaus (tepuk tangan) buat mereka, juga tepuk tangan buat panitia (organiser).

3. Kenali Tema. 
Kenali dan kuasai tema acara. Kemukakan nama, tujuan, dan tema acara. Ingatkan hadirin tentang manfaat kehadiran mereka di acara.

4. Sampaikan Humor. 
Cara terhebat dalam mengenalkan tema acara adalah mengaitkannya dengan humor yang relevan atau situasi humoris.

5. Sampaikan Susunan Acara. 
Sampaikan susunan acara kepada hadirin --waktu memulai, urutan pembicara atau penampilan, waktu presentasi/durasi penampilan, waktu bertanya, break/istirahat, dll.

6. Kenalkan Pembicara
Miliki biodata pembicara dan sampaikan yang relevan dengan acara/topik. 

7. Simak dan Catat! 
Dengarkan semua pembicara, catat poin penting dan menarik untuk dijadikan rujukan dan dikaitkan dengan pembicara berikutnya (bridging).

8. Santai, Rileks! 
Berusahalah santai. Siapkan selalu segelas air di dekat Anda, all the times!

9. Menutup Acara
Sampaikan terima kasih kepada hadirin. Sebutkan hal-hal penting yang terjadi selama acara berlangsung (highlight).

 

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pembawa_acara
  • http://www.public-speaking-solutions.com/master-of-ceremonies.html